RSS

Keamanan Nasional

23 Des

Millenium ketiga ditandai dengan berbagai fenomena fundamental yang mengubah wacana politik, keamanan dan pertahanan. Fenomena itu adalah perkembangan teknologi, gelombang demokratisasi, interdependensi hubungan antar bangsa. Dengan globalisasi sebagai impuls utamanya, fenomena itu telah memporakporandakan kerangka lama hubungan antar negara, dan secara berarti mengubah gravitasi politik domestik negara-negara. Bersama dengan kompleksitas politik dalam negeri, semua itu mempengaruhi “keamanan nasional” (national security) suatu negara. Sebab itu, masa transisi dari negara otoriter menuju negara demokrasi memerlukan berbagai penataan ulang perundangan yang mengatur tentang “keamanan nasional”.

Sedangkan pengertian dari keamanan nasional adalah sebuah kondisi yang terhindar dari ancaman, juga dapat dipahami sebagai sebuah upaya untuk mewujudkan kondisi yang terbebas dari ancaman. Dengan kata lain, konsep “keamanan nasional” harus dipahami sebagai suatu totalitas mengenai “kemampuan negara untuk melindungi apa yang ditetapkan sebagai nilai-nilai inti (core values), yang pencapaiannya merupakan sebuah proses terus-menerus, dengan menggunakan segala elemen power dan resources yang ada serta melingkupi semua aspek kehidupan”. Pemahaman komprehensif demikian akan membantu kita dalam menempatkan Kebijakan Keamanan nasional sebagai payung dalam merumuskan strategi manejemen ancaman (threat management), baik ancaman dari dalam maupun dari luar, yang tidak hanya dapat menempatkan peran dan posisi aktor keamanan nasional secara tepat, tetapi juga membantu kita dalam menentukan respon yang sesuai terhadap jenis dan bentuk ancaman yang ada.

Untuk saat ini kondisi keamanan Indonesia belum tercapai dengan sempurna, baik dari luar ataupun dari dalam. Hal tersebut dikarenakan oleh berbagai sebab, seperti keadaan manusia Indonesia yang heterogen, kurang meratanya pembangunan, penghasilan tiap daerah yang berbeda-beda, dan lain-lain. Sebagai contoh konflik dari dalam yang mengancam keamanan nasional adalah Gerakan Separatis Aceh Merdeka, Organisasi Papua Merdeka, Gerakan Republik Maluku Selatan, dan masih banyak lagi. Sedangkan contoh hal yang dapat mengancam keamanan yang berasal dari luar adalah klaim wilayah milik Indonesia oleh negara lain, klaim berbagai macam kebudayaan Indonesia oleh negara lain. Menjaga keamanan nasional merupakan tanggung jawab seluruh warga dan rakyat Indonesia, oleh karena itu marilah kita jaga bersama-sama NKRI.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 23, 2009 in Tugas ISD 2, Uncategorized

 

One response to “Keamanan Nasional

  1. kuya

    Desember 14, 2011 at 00:02

    om, numpang nanya perbedaan keamanan nasional dan keamanan negara sama ga om??? terimakasih

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: