RSS

Proyek-proyek Opensource di Windows

26 Mar
  • Mozilla Firefox

Untuk urusan browsing di Windows ada Internet Explorer, di Linux ada Mozilla Firefox. Saat ini Mozilla Firefox menjelma menjadi web browser paling cepat, aman, dan tidak terbatas. Fitur-fitur Firefox sangat banyak sekali, namun yang pasti yang menjadi keunggulan utamanya adalah fasilitas pengaya (Add-ons) yang memungkinkan untuk mengunduh fitur tambahan atau sekedar corak berbeda untuk Firefox. Kekurangannya, beberapa website website dengan system keamanan ActiveX tidak bisa dibuka dengan Firefox.

  • OpenOffice

Seperti Ms Office di Windows, OpenOffice di Linux merupakan paket pengolahan data untuk mengetik, membuat table, hingga merancang slide show. OpenOffice juga mensupport berbagai ragam bahasa dan format termasuk format doc Ms Word. Kekurangannya fasilitas check grammar yang terbatas dan terkaadang file yang disimpan dalam format lain mengalami perbedaan kecil ketika dibuka kembali di software lainnya.

  • The GIMP

Jika di Windows ada Adobe Photoshop, di Linux ada The GIMP. The GIMP dapat menjadi alterntif bagi yang menyukai atau memiliki profesi mengolah gambar/foto. The GIMP juga mensupport berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Untuk di-install pada Windows, cukup menginstall GTK+ terlebih dahulu. Sayangnya tools dalam The GIMP dipisahkan menjadi beberapa windows sehingga mempersulit navigasi.

  • Eraser

Untuk urusan hapus menghapus jejak data komputer di Windows ada Windows Washer, di Linux ada Eraser. Fungsi Eraser adalah mengahpus total file yang di hapus, karena walaupun recycle bin dibersihkan, file tidak benar-benar terhapus. Sehingga tidak ada cara apapun untuk mengenbalikan data yang elah dihapus. Program ini berguna untuk menghapus isi hardisk yang akan dijual atau task schedule windows.

  • Dia

Untuk menggambar teknikal diagram di Windows ada Microsoft Visio, di Linux ada Dia. Dia merupakan aplikasi untuk membuat atau menggambar teknikal diagram seperti flowchart, DFD, UML, ERD, rangkaian komponen elektronik dll. Dia merupakan pilihan alternatif selain Microsoft Visio untuk menggambar diagram teknikal di Windows. File hasil simpanan Dia merupakan file berekstensi .dia yang sebenarnya merupakan file teks XML. Fitur yang dimiliki Dia juga tidak kalah dengan yang ada di Visio, seperti multiple-page printing, ekspor ke berbagai format lain misal EPS, PS, SVG, CGM, PNG, JPEG dll. Tampilan Dia sederhana dan mudah untuk digunakan. Bahasa antarmuka juga sudah ditranslate ke bahasa lokal, bahasa Indonesia.

  • Inkspace

Di windows ada CorelDRAW dan Adobe Illustrator di linux ada Inkspace. Inkscape adalah sebuah perangkat lunak vektor grafis editor yang bersifat Perangkat lunak bebas. Saat ini Inkscape masih dikembangkan dan dengan bantuan Gaussian blur sejak versi 0.45 telah mampu menghasilkan gambar SVG yang mutunya hampir sama dengan foto. Saat ini Inkscape belum mendukung animasi dan SVG fonts.

  • Blender

Blender dikenal sebagai software open source untuk 3D modeling, animasi, rendering, post-production, pembuatan interaktif dan playback. Blender diakui sebagai salah satu software open source terbaik untuk urusan pembuatan animasi. Jika selama ini kita mengenal software 3D Studio Max atau Maya untuk membuat animasi, maka dari komunitas open source pun memiliki software yang fungsinya sama. Gunakan Blender untuk membuat iklan TV, untuk membuat visualisasi teknik, grafik bisnis atau merancang tampilan antar muka bagi penggua. Dengan software ini anda dapat dengan mudah membangun dan mengatur lingkungan yang cukup komplek. Proses merendernya pun serba guna dan sangat cepat. Dan semua prinsip dasar dalam animasi (kurva dan key) juga diterapkan.

  • K3B (KDE Burn Baby Burn)

Windows punya Nero, tapi Linux punya K3B. K3B merupakan free software yang dapat digunakan sebagai aplikasi burning di platform GNU/Linux, tetapi K3B juga memiliki versi Windosnya. Aplikasi yang dibuat oleh Sebastian Trug ini, ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman C++, dan menggunakan QT sebagai GUI toolkit-nya. Fitur yang ada pada K3B juga sebaik yang ada pada Nero.

Sebenarnya aplikasi opensource yang berjalan di Windows masih banyak dan saya tidak mungkin menuliskan semuanya.  Anda dapat mengunjungi http://www.opensourcewindows.org/ untuk mengetahui lebih banyak aplikasi opensource yang berjalan di Windows.

Semoga tulisan ini berguna…..amiiin…..

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: