RSS

Transmisi Daya Nirkabel

26 Mar

Tak lama lagi, anda mungkin tidak direpotkan keberadaan kabel pada piranti elektronik. Pasalnya, perusahaan elektronik raksasa asal Jepang, Sony, tengah menggarap teknologi yang memungkinkan piranti elektronik dioperasikan tanpa kabel.

Teknologi yang tengah digarap ini, akan mengeliminir secara maksimal kegunaan kabel pada pirantik elektronik rumah tangga, seperti televisi. Untuk sekarang, Sony, fokus pada transfer energi tanpa kabel berdaya 60 watt pada jarak 50 cm.

Teknologi itu mengadaptasikan sistem yang berbasis resonansi magnetik. Dengan perantara udara sebagai medium, energi elektromagnetik yang dihasilkan akan dikodekan pada alat yang mampu mengidentifikasi frekuensi resonansi sebagai sumber energi.

Sebagai permulaan, hanya alat yang memiliki pengkode frekuensi saja yang bisa menerima transfer energi. Tapi tak mungkin, semua alat bisa mengaplikasikan teknologi tersebut.

transmisi daya nirkabel

Berdasarkan keterangan pihak Sony, seperti yang dikutip dari DCViews.COM, Akhir pekan lalu, kelebihan teknologi ini mampu mengefisiensikan transfer energi lebih maksimal ketimbang lewat kabel. Menurut keterangan dari pihak Sony, tingkat maksimal efisiensi transfer energi berkisar antara 60%-80%.

Selain itu, sekalipun perkakas berbahan dasar metal berada di antara pengirim transmisi energi dan penerima energi, pihak sony mengklaim tidak bakal ada efek panas.

Disamping menggarap teknologi transfer energi non kabel pada piranti elektronik, Sony juga mengembangkan teknologi berbasis High Frekuency Radio (RF). Teknologi ini, kelak digunakan pada setiap komunikasi via non kabel dan produk-produk penyiaran dengan kecepatan tinggi dan efisiensi maksimal.

Kombinasi dua garapan Sony diperkirakan mampu meningkatkan efisiensi transfer energi hingga 60%. Sony juga berencana meningkatkan daya jangkau transfer energi yang semula hanya mencapai 50 cm menjadi 80 cm tanpa ada penurunan efisiensi.

Dengan begitu, bagi para produsen elektonik bisa meminimalisir penggunaan kabel sekaligus menghemat biaya produksi.

Teknologi via kabel kini sudah berangsur tergeser dengan adanya sistem komunikasi via non kabel macam wifi. Seandainya kebanyakan piranti tidak lagi menggunakan kabel, pertanyaan menggelitik pun datang.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 26, 2010 in Tulisan Bahasa Indonesia 2, Uncategorized

 

Tag: , ,

One response to “Transmisi Daya Nirkabel

  1. kabel utp

    Juni 1, 2014 at 12:53

    Today, I went to the beach front with my children. I found a sea shell and gave it to my 4 year old
    daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her
    ear and screamed. There was a hermit crab inside and
    it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is completely off topic but
    I had to tell someone!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: