RSS

CONTOH KASUS STRUKTUR ORGANISASI BANK BCA CARD CENTRE CABANG SURABAYA

12 Apr

1. Gambaran Umum Perusahaan

BCA Card Centrre Cabang Surabaya merupakan cabang kedua dari empat kantor cabang yang dimiliki oleh BCA Card Centre di Indonesia. Sebagai cabng yang kedua, BCA Card Centre Cabang Surabaya secara resmi mulai beroperasi pada bulan April tahun a992, dimana pendiriannya mengacu pada dasar hukum atas kegiatan usaha institusi kartu kredit yang pada umumnya dikeluarkan oleh bank-bank Indonesia.

Sedangkan dasar hukumnya diataur di dalam pasal 6 huruf “I” Undang-Undang no.7 tahun 1992 tentang Perbankan yang berbunyi :

-Usaha Bank meliputi melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan wali amanat”.

Selain itu, pendirian BCA Card Centre Cabang Suarabaya juga mengacu pada pokok-pokok Paket Deregulasi Bidang Keuangan dan Perbankan tanggal 27 Oktober 1988 (PAKTO 27) nomor II angka “1” mengenai kemudahan pembukaan kantor baik, dimana  di dalamnya dijelaskan pada huruf “C”, yaitu : “Untuk pembukaan kantor cabang dapat dilakukan cukup dengan memberitahukan kepada Bank Indonesia”.

2. Struktur Organisasi


struktur orgasnisasi

Adapun tugas dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dapat di uraikan sebagai berikut :

  • Branch Manager

a. Bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.

b. Bertanggung jawab kepada pimpinan pusat.

c. Mempunyai wewenang tertinggi dalam pengambilan keputusan.

d. Mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan masing-masing bagian yang ada dalam perusahaan.

  • Sekretaris

a. Membantu Branc Manager dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

b. Menangani masalah-masalah kesekretariatan, seperti surat-menyurat, file, dan sebagainya.

  • Marketing Unit Head

a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit pemasaran.

b. Mengkoordinasikan dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit pemasaran agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.

  • Marketing Cardholder

Bertugas untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card ke perusahaan-perusahaan agar mau memiliki BCA Card.

  • Marketing Merchant

Bertugas untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card dengan mendatangi toko-toko atau pedagang agar mau menerima pembayaran dengan menggunakan BCA Card.

  • Marketing Support

Bagian dalam yang bertanggung jawab untuk mengurusio administrasi.

  • Customer Service

Bertugas untuk melayani pelanggan/konsumen yang datang langsung ke BCA Card Centre ataupun yang melalui telepon.

  • Credit

a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian kredit.

b. Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian kredit sesuai dengan tujuan perusahaan.

  • Analisa Kredit

Bertugas menganalisa setiap permohonan/aplikasi yang masuk ke BCA Card Centre.

  • Pengawasan Kredit

Bertugas untuk mengecek tagihan yang masuk ke BCA Card Centre dan mengawasi kartu-kartu kredit.

  • Penagihan Kredit

Bertugas untuk mengurusi pembayaran Cardholder dengan cara menelpon atau menagih secara langsung.

  • Risk dan Management Security

Bertugas untuk membantu bagian pengawasan dan penagihan kredit (karena ketiga-tiganya saling berkaitan).

  • Operational Unit Head

a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit operasional. agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.

b. Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit operasional agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.

  • Kasie Operasional

-Bertanggung jawab kepada Operasional Unit Head.

-Mengawasi tugas-tugas dari Staff Operational I dan Staff Operational II.

  • Staff Operational I dan Staff Operational II

Bertugas untuk mengoperasikan/memproses faktur-faktur yang masuk ke BCA Card Centre.

  • Kolektor

Bertugas untuk mengambil faktur di toko-toko atau pedagang yang menerima pembayaran dengan BCA Card.

Sumber : http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?submit.x=6&submit.y=12&submit=prev&page=2&qual=high&submitval=prev&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Feman%2F1996%2Fjiunkpe-ns-s1-1996-31491051-11465-kredit_bca-chapter3.pdf

 

Tag: ,

6 responses to “CONTOH KASUS STRUKTUR ORGANISASI BANK BCA CARD CENTRE CABANG SURABAYA

  1. bee

    Januari 9, 2011 at 19:05

    oby
    bisa minta tolong ga
    minta job specificationnya bca juga donk

     
  2. arum

    Desember 7, 2012 at 16:22

    pak,kalo semisal AO, FO ,dll (marketing) dibandingakan dengan cs/teller/back office maka grade atau posisi jabatannya lebih tinggi yang mana ya??

     
  3. datuheru

    Desember 16, 2012 at 14:08

    BCA CARD kerja sama dengan asuransi CIGNA banyak korban ulah asuransi CIGNA membebankan semena-mena ke via kartu BCA CARD, apakah BCA CARD akan terus menjalin kerja sama begitu?

     
  4. Putra

    Maret 20, 2014 at 00:25

    tq an

     
  5. hp printer repair

    Agustus 29, 2014 at 19:36

    I am really grateful to the holder of this site who
    has shared this impressive piece of writing at at this time.

     
  6. nidawakelin.buzznet.com

    September 11, 2014 at 21:05

    Greetings I am so happy I found your web site, I really found you
    by error, while I was researching on Google for something else, Anyhow I am here
    now and would just like to say thanks a lot for a fantastic post and a all round interesting blog (I also love the
    theme/design), I don’t have time to go through it all at the moment but I have bookmarked it and also
    added your RSS feeds, so when I have time I will be back to
    read a great deal more, Please do keep up the great work.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: